Cara Memasang Karpet Yang Rapih

Cara Memasang Karpet Yang Rapih Dan Mudah?

Cara Memasang Karpet Yang Rapih Dan Mudah?Membahas tentang desain interior, jika Anda ingin membuat tampilan desain interior rumah terlihat lebih berestetika maka Anda bisa menggunakan karpet plastik.

Menurut Architectural Digest, lantai atau dinding yang diselimuti karpet akan menjadi trend paling baru karena memiliki tampilan yang fresh dan jauh lebih elegan.

Cara Memasang Karpet Yang Rapih

Berikut Ini Adalah Cara Memasang Karpet Yang Rapih Dan Mudah!:

1. Siapkan Bahan

Bahan-bahan yang diperlukan sebelum memasang karpet adalah karpet sesuai ukuran yang dibutuhkan, meter pengukur, cutter untuk memotong, pensil, dan lem kuning.

BACA JUGA :  Jual Karpet Terdekat

Anda juga sudah harus memiliki rancangan motif karpet  yang akan digabungkan agar sesuai dengan ukuran. Beberapa ukuran karpet yang bisa dipertimbangkan seperti ukuran 250 x 250 (cm), 500×500 (cm), dan 1000×1000 (cm).

2. Meratakan Lantai

Biasanya jika lantai tidak rata maka karpet yang dipasang pasti akan berkerut dan bergelombang. Ini bisa membuat pemasangan karpet tidak mudah dan biasanya justru membutuhkan banyak waktu.

Karena itu Anda perlu membuat lantai menjadi rata. Anda bisa menggunakan bahan seperti perata lantai atau semen khusus yang halus.

3. Bersihkan Lantai

Sebelum mulai memasang karpet maka Anda juga harus membersihkan lantai. Bersihkan dengan menyapu lantai untuk menghilangkan debu dan pasir halus.

Jika perlu Anda bisa mengepel lantai dan mengeringkannya. Jika lantai masih berdebu biasanya lem yang digunakan untuk merekatkan karpet tidak akan bisa menempel.

BACA JUGA :  Harga Karpet Masjid Turki Terbaru 2022

Kemudian lantai menjadi  berjamur karena terkena udara sehingga akhirnya karpet berjamur dan bau apek.

4. Memotong Karpet dan Memasang Motif

Langkah selanjutnya adalah cobalah untuk memotong karpet sesuai motif yang Anda inginkan. Jika Anda ingin menggabungkan beberapa motif maka cobalah melihat dan menyusun ukuran yang sesuai.

Pertimbangkan juga pilihan warna agar menghasilkan tampilan yang cantik. Setelah itu beri tanda dengan pensil dan potong dengan cutter agar ukuran tepi karpet rapi.

5. Pasang Karpet dengan Lem Khusus

Kemudian setelah itu Anda bisa menggunakan lem khusus atau lem kuning untuk karpet. Lem ini akan menjaga agar karpet melekat sempurna pada lantai sehingga tidak bergelombang.

BACA JUGA :  Harga Ambal Masjid Terbaru 2022

Dengan penggunaan lem ini juga bisa membuat karpet tidak memiliki gelembung udara yang biasanya membuat karpet tidak rata.

6. Ratakan dengan Palu

Setelah Anda menempelkan karpet ke lantai maka agar karpet menjadi rata, sebaiknya Anda memukul karpet secara halus dengan palu.

Anda harus memukul-mukul karpet secara halus untuk setiap bagian karpet yang baru direkatkan ke lantai. Tehnik ini sama persis seperti cara memasang keramik dinding.

7. Keringkan dengan Vacuum Cleaner

Langkah yang selanjutnya adalah menggunakan vacuum cleaner untuk mengeringkan dan meratakan karpet. Cara ini juga penting agar karpet yang dipasang sudah benar-benar lurus dan nat karpet rata.

Bahkan bisa membantu serabut pada karpet bisa rata sehingga karpet tampak cantik.

Ingin Mengetahui Cara Unik Dan Menarik Lainnya? Klik Disini Untuk Mengetahui Cara Cara Lainnya