Jenis Jenis Kubah Masjid Di Indonesia

jenis kubah masjid

Inilah Jenis Jenis Kubah Masjid Di Indonesia

Jenis Jenis Kubah Masjid Di Indonesia, orang-orang akan langsung terpancing pada bentuk kubah yang satu sama lain berbeda arsitekturnya. Kubah masjid kerap menjadi ciri khas dari bangunan masjid tertentu. Misalnya, kubah masjid agung di Aceh tentu berbeda dengan kubah masjid agung yang ada di Jawa.

Dikutip dari situs kontraktor dan produsen kubah masjid , berikut ini adalah beberapa macam kubah masjid yang umum dipakai di Indonesia:

Jenis Jenis Kubah Masjid Di Indonesia

1. Kubah Beton

Jenis yang pertama adalah kubah masjid dari beton, kubah masjid jenis ini adalah yang terkenal memiliki kekuatan yang baik. Penggunaan kubah beton seringkali diberikan motif tertentu sehingga menjadikan kubah masjid dari beton ini lebih menarik dilihat. Sedangkan kekurangan dari kubah beton ini sangat berat dan proses pembangunnya butuh tenaga extra serta dari segi biaya menjadi besar.

2. Kubah Galvalum,

Kubah masjid galvalum adalah salah satu desain yang banyak digunakan dewasa ini. Bahan galvalum ini merupakan bahan yang mempunyai ketahanan dari panas yang sangat baik dan juga memiliki daya rekat yang baik hingga tidak mudah rusak.

Kelebihan lainnya, kubah masjid dari bahan galvalum dianggap sebagai kubah anti karat dan tentu saja sangat cocok untuk wilayah Indonesia yang beriklim tropis.

3. Kubah Eme

Kubah Masjid enamel mempunyai banyak kelebihan. Meskipun terlihat kokoh dan berat, tapi sebenarnya ringan. Kubah masjid enamel mempunyai ketajaman warna yang bagus sehingga membuat permukaannya menjadi menarik. Untuk potensi kebocoran lebih kecil dibandingkan bahan lainnya serta mudah untuk diperbaiki.

4. Kubah masjid GRC

Yang terakhir ada model kubah masjid GRC. GRC ini merupakan salah satu peningkatan dari kemajuan teknologi konstruksi kubah masjid. Kelebihan dari kubah masjid GRC ini adalah lebih ringan jika dibandingkan kubah masjid lainnya seperti beton namun kekuatannya tidak diragukan lagi. Produk GRC ini juga tahan terhadap karatan dan panas sehingga banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, mengingat bahwa Indonesia adalah negara tropis sehingga cuaca sering tidak menentu.

Ingin Melihat Berita Unik Dan Menarik Lainnya?KlikDisini Untuk Melihat Selanjutnya