TENTANG KARPET

JITEC MANGGA DUA

KARPET CUSTOM

WhatsApp Image 2020-12-07 at 08.28.32

Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Karpet custom adalah sejenis tekstil penutup lantai yang terdiri dari bagian atas (berbulu) yang melekat pada bagian alas dibawahnya. Bicara tentang karpet, apasih karpet itu ? Istilah karpet sendiri itu di ambil dari bahasa itali kuno yaitu carpita/carpire yang berarti membului. Definisinya secara umum, karpet adalah sejenis tekstil penutup lantai yang terdiri dari bagian atas (berbulu) yang melekat pada bagian alas dibawahnya.

Karpet itu sendiri dikembangkan di Asia Tengah dan Barat sebagai penutup untuk lantai tanah yang dikalahkan. Sejak jaman dahulu, karpet menutupi lantai rumah dan tenda serta masjid dan istana. Di rumah-rumah keluarga Timur yang kaya, penutup lantai melayani fungsi estetika dan praktis. Karpet sering dikelompokkan dalam pengaturan tradisional, sebagian untuk memungkinkan tampilan simultan.

Di zaman modern seperti saat ini perkembangan karpet semakin maju dan canggih. Bisa kita temukan di bekasi ada perusahaan di bidang karpet yang bisa di costum, apa itu karpet costum ? mari kita telusuri. Karpet costum adalah karpet dengan design, motif, corak, warna & ukuran yang bisa di request. Untuk karpet costum sendiri memakai 2 jenis bahan yaitu :

BAHAN ACRYLIC

  • Terbuat dari campuran serat acrylic dan kapas
  • Tekstur lebih lembut dibandingkan Wool
  • Serat benang panjang, sehingga sedikit mengeluarkan pluffing
  • Warna lebih cerah dibandingkan wool
  • Perawatan lebih mudah karena berbahan sintetis

BAHAN WOOL

  • Terbuat dari 100% wool bulu domba New Zealand
  • Serat alami bulu domba aman di kulit manusia
  • Warna tidak terlalu terang, sehingga karpet lebih terlihat elegan dan kalem
  • Lebih tahan lama dan bisa digunakan untuk Ballroom dan Kantor
  • Bersifat Fire Retardant (jika terkena api tidak menyebar, dan asap yang dihasilkan tidak beracun)

Dengan 2 jenis bahan di atas ada juga pilihan ketebalan yang ditawarkan mulai dari ketebalan 10mm, 12mm, 14mm, sampai yang paling tebal 16mm.

Di indonesia sendiri pada umumnya karpet digunakan untuk masjid / mushola. Tapi semakin berkembangnya jaman kini karpet juga pergunakan untuk kantor, ballroom, tangga rumah bahkan untuk hiasan dinding. Maka tidak heran kalo saat ini karpet di alih fungsikan sebagai art / seni.

Bicara soal karpet memang tidak ada habisnya memang, begitu banyak macam – macam karpet.

Semoga artikel di atas bisa menambah wawasan kita semua, mohon maaf jika banyak kurangnya.

Wa ‘alaikumus salam wa rahmatullahi wabarakatuh”.